8 LANGKAH TERBEBAS DARI LILITAN HUTANG

  1. Kalkulasikan  seluruh hutang, dengan begitu anda akan mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kewajiban membayar hutang.
  2. Rem nafsu belanja.
  3. Negosiasikan hutang.
  4. Membagi penghasilan bulanan, 35% sewa atau cicilan kredit rumah (termasuk pajak,asuransi dan perawatan); 15% transportasi (termasuk bensin, asuransi dan cicilan kredit kendaraan); 10% tabungan harian; 15% membayar hutang lain (termasuk kartu kredit); 25% investasi (untuk hari depan anda).
  5. Prioritaskan pelunasan. Pertama, hutang mendesak (misalnya cicilan kredit,rumah atau mobil). Kedua,hutang yang menyangkut kepentingan keluarga,misalnya pinjaman untuk sekolah anak. Ketiga, hutang kartu kredit.
  6. Cari uang lebih banyak. Misalnya, adakan garage sell di rumah atau bergabung dengan kegiatan serupa yang terorganisasi.
  7. Tempuh pilihan tersulit. Jika 6 langkah di atas belum cukup,mungkin sudah waktunya anda menjual mobil mewah dan menggantinya dengan yang lebih murah. Atau pindah ke rumah yang harga belinya atau sewanya lebih murah.
  8. Isi ulang kebutuhan. Ketika dana darurat sudah terpenuhi,anda harus segera berinvestasi. Jika anda bisa menyisihkan Rp 10.000,- per hari dan anggaplan bunga tetap investasi adalah 8 % per tahun, maka anda akan punya Rp 57 juta dalam 10 tahun atau Rp 180 juta dalam 20 tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s