6 PLATFORM BLOG PALING POPULER

  • Blogger

Blogger merupakan jenis blog resmi dan bebas biaya (gratis). Blog jenis ini merupakan blog tertua di dunia dan telah memiliki jutaan pengguna. Berikut ini adalah list keistemewaan-keistimewaan blogger yang harus anda ketahui:
– Kecepatan running. Anda bisa membuka (running) dan menggunakan blogger dalam jangka beberapa menit saja.
– Audioblogger. Anda bisa merekam suara anda lewat layanan audioblogger
dengan memasukkan nomor audio blogger ke dalam daftar kontak telepon
anda. Kemudian, anda telepon nomor tersebut. Setelah tersambung, mulailah anda merekam.
– FTP File. Blogger memiliki layanan FTP yang memungkinkan anda meng-setting alamat URL blogger anda (namadomain.blogspot.com) menjadi seperti nama domain website (namadomain.com).
– Desain gratis. Anda tidak harus memiliki web hosting dan nama domain
terlebih dahulu untuk men-setting desain blogger anda. Karena, blogger telah menyediakan desain secara gratis.
Namun, di balik kelebihan-kelebihan tersebut, blogger tetap memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan blogger:
– Tidak memiliki plugins. Plugins dapat membantu anda mendesain tampilan blog lebih optimal. Bahkan, anda bisa menjadikan blog anda menempati rangking atas dalam search engine hanya dengan memanfaatkan software ini.
– Motif desain yang terbatas. Blogger hanya memiliki motif (themes) sebanyak 24 macam.
– Minimnya kategorisasi. Inilah kekurangan terbesar dari blogger, yaitu
sedikitnya katagorisasi yang disediakan. Blogger tidak bisa menampung lebih banyak tampilan di dalamnya dibandingkan dengan layanan resmi lainnya.

  • Typepad

Blog jenis ini lebih banyak dipakai untuk keperluan jurnalistik. Tidak seperti blogger, untuk menggunakan typepad, anda harus membayar per bulan tergantung tingkatan typepad yang tersedia.
Pada dasarnya, typepad memiliki lima level, yaitu level basic, level plus, level pro,
level premium, dan yang paling tinggi adalah level bussiness class. Masing-masing level memiliki harga dan layanan yang berbeda. Semakin tinggi level yang anda pilih, maka semakin lengkap layanan yang anda peroleh dari Typepad.
Kelebihan dan kekurangannya tergantung pada harga yang harus anda bayar setiap bulannya.
Yang perlu anda tahu juga bahwa walaupun Typepad menyediakan perubahan posting, namun aplikasinya cukup rumit. Mungkin anda bisa lumayan bingung untuk mengoperasikannya.
Untuk itu,  anda jangan langsung memutuskan untuk memilih blog jenis ini. Anda perlu tahu lebih detail tentang jenis-jenis blog yang lain. Siapa tahu ada jenis blog yang memiliki kualitas lebih baik dan lebih sederhana dari pada jenis Typepad tersebut.

  • Blogware

Tucows merupakan perintis dan peletak batu utama blog jenis ini. Blog jenis blogware juga menyediakan beberapa paket software yang cukup menarik untuk anda.
Beberapa keistimewaan yang dimiliki blogware sebagai berikut:
– Merancang tampilan tanpa template. Setelah anda men-sign in ke dalam
blogware, anda bisa dengan bebas menata isi dan melayout tampilan blogware anda tanpa harus menuju menu template terlebih dahulu.
– Memiliki FTP File. Seperti dalam blogger, blogware juga memiliki program FTP yang memungkinkan anda untuk mengupload file ke dalam server yang digunakan untuk blog pribadi anda. Dengan begitu, anda bisa dengan mudah menformat alamat blog anda menjadi seperti alamat website.
Namun, dari kelebihan-kelebihan tersebut, blogware juga memiliki kekurangan, antara lain:
– Optimasi yang rumit. Walaupun blogware menyediakan software-software yang cukup menarik, anda mungkin akan kesulitan saat mengoptimasinya. Bahkan, seorang ahli HTML pun akan kesulitan saat mengoperasi sistem software dalam blogware ini.
– Pembelian yang sulit. Selain optimasi, pembelian blogware juga tergolong
sulit. Anda tidak bisa langsung membayar ke layanan pusat blog ini. Anda harus membelinya lewat reseller. Sehingga, anda harus berharap reseller blogware memberikan harga yang terjangkau untuk anda.

  • Movable Type

Blog jenis ini cukup terkenal. Sistem yang digunakan cukup fantastis, tapi sayang, tidak mudah untuk anda instal dan gunakan.
Keunggulan yang paling tampak dalam blog jenis ini adalah kemampuan untuk
diperbarui kembali setiap saat. Ya, anda bisa memperbarui tampilan Movable Type
secara keseluruhan ataupun sebagian. Blog ini menyediakan layanan untuk mengubah template, mengatur sistem konfigurasi, sekaligus menambah katagori.
Meskipun demikian, Movable Type ternyata juga memiliki kelemahan yang tidak sedikit. Beberapa di antaranya adalah:
– Proses loading yang lama. Saat anda memperbarui tampilan blog Movable Type, anda bisa saja harus menunggu beberapa puluh menit untuk menyelesaikannya. Ini tentu akan banyak menghabiskan waktu anda saat online.
– Memiliki kode yang rumit. Untuk menginstal dan menggunakan blog jenis ini, anda dituntut untuk mengingat dan mencatat beberapa kode penting. Ini juga akan merepotkan anda, bukan?
– Hasil instal yang kadang tidak sesuai dengan Web Hosting. Beberapa
pengguna layanan blog ini ternyata sering mendapati hasil instalasi Movable Type tidak cocok dengan web hosting yang telah mereka beli.

  • Expression Engine

Apakah anda pernah mendengar jenis blog di atas? Jika tidak, itu wajar karena blog ini tidak terlalu terkenal di internet. Namun, bukan berarti anda harus mengabaikannya. Setiap blog memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung sejauh mana anda menentukan blog mana yang sesuai dengan target pasar anda.
Nah, tentang Expression Engine. Blog ini sebenarnya lebih dikenal sebagai platform content management system dari pada sebagai sebuah blog. Meskipun demikian,
Expression Engine memiliki sebutan-sebutan yang mirip sekali dengan istilah blog pada umumnya, seperti moblogging, trackbacks, archiving, dan sebagainya.
Inilah keunggulan-keunggulan yang Expression Engine miliki:
– Memiliki modul-modul khusus untuk image galleries. Melalui software ini,
anda bisa mengatur posisi image sesuka hati anda. Bahkan, anda bisa mengatur ulang gambar tersebut menjadi lebih menarik.
– Mailing List. Selain image galleries, blog ini menyediakan mailing list yang cukup memadai untuk anda.
– Nama entry yang tak terbatas. Dalam blog-blog lain, penulisan nama entry seringkali dibatasi, namun dalam Expression Engine, anda bisa menulis ulang nama entry tersebut sesuai kemauan anda sendiri tanpa ada batasan.
– Template yang bisa diedit. Dalam menu simple text interface, anda bisa mengedit dan memperbaiki template yang anda ingin tampilkan dalam Expression Engine. Dalam beberapa blog, tugas edit-mengedit ini biasanya dilakukan oleh HTML editor. Namun, dalam Expression Engine, tugas tersebut hanya dilakukan oleh fitur simple text interface tersebut.
Sedangkan kekurangan paling tampak yang dimiliki oleh Expression Engine hanyalah kemampuannya untuk menghubungkan link lain ke dalam blog ini. Anda mungkin akan menghabiskan waktu yang tidak sedikit demi menaruh informasi atau link ke dalam blog jenis ini.
Melihat dari kekurangan dan kelebihan tersebut, blog Expression Engine memang lebih ideal untuk urusan penerbitan (web publisher) dari pada urusan bisnis internet marketing. Sistem ini juga sangat ideal untuk menangani ratusan anggota dengan sistem editing yang berbeda-beda. Namun, anda tidak perlu khawatir karena kapasitas pemuatan blog ini tak kalah dibandingkan dengan blog-blog lain.

  • WordPress

WordPress merupakan jenis blog yang paling ampuh dari jenis blog yang lain. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh blog jenis ini. Salah satu keunggulan yang terhebat dari WordPress adalah kemampuannya menampung beban traffic yang cukup besar.
Seorang blogger terkenal, Darren Rowse, menggunakan WordPress untuk mengembangkan sekitar 30 blog terkenalnya, mulai dari proBlogger hingga Athen Olympic Blog. Hanya dalam dua minggu, Athen Olympic Blog miliknya telah dibaca oleh sekitar 2 juta orang. Rowse sampai mengatakan “a real testament to WordPress’ ability to handle heavy traffic loads”.
Di bawah ini beberapa kelebihan WordPress dibanding dengan layanan blog lainnya:
– Memiliki katagorisasi. Anda bisa membagi berbagai tulisan, website, link, ataupun apapun yang anda inginkan dalam bentuk katagori-katagori di WordPress dengan menggunakan blogroll management tool.
– Memiliki lebih dari 3500 theme. Tidak seperti blogger yang hanya memiliki
sekitar 24 motif blog, WordPress menyediakan lebih dari 3500 theme siap pakai untuk anda.
– Memiliki plugins yang memadai. Dalam WordPress, anda bisa menemukan lebih dari 1500 software plugins.
– Memiliki ruang comment yang luas. Anda tidak perlu khawatir, kotak
comments dalam blog WordPress anda bisa ditingkatkan kapasitasnya sesuai keinginan anda.
– Domain name gratis. Anda tidak perlu membeli nama domain anda. Yang perlu anda beli hanyalah layanan hosting WordPress anda. Namun, jika anda berminat, anda bisa membeli nama domain pribadi (domain website) untuk blog jenis ini.
Sebenarnya, masih banyak lagi kelebihan-kelebihkan dari WordPress. Bahkan, jika boleh jujur, hampir tidak ada kekurangan yang akan anda dapatkan saat anda menggunakan WordPress ini.
Selain itu, anda bisa menemukan beragam software untuk meningkatkan tampilan WordPress anda agar lebih ‘menjual’.

4 thoughts on “6 PLATFORM BLOG PALING POPULER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s