TIPS PRAKTIS AGAR ANAK RAJIN SHOLAT

  1. Tunjukkan di mata anak-anak, bahwa mereka memiliki ortu yang baik di mata mereka, khususnya dalam menegakkan budaya sholat. Artinya sedapat mungkin ortu melaksanakan sholat pada awal waktu dan berjama’ah di masjid. Sesering mungkin anak dibawa ke masjid untuk melakukan sholat berjama’ah.
  2. Hormati waktu-waktu Islam dan nilai-nilainya di dalam rumah.  Misalnya, mematikan tv atau tape recorder pada saat adzan berkumandang, terutama saat adzan Maghrib dan Isya. Tidak mengumandangkan suara-suara lain di dalam rumah, selain bacaan Al Qur’an, nasyid Islami, atau lagu-lagu yang mengandung nilai pendidikan.
  3. Bentuk jamaah sholat keluarga, bisa dipimpin Ayah atau sekali-kali Ibu.  Anak ditugaskan secara bergantian, yang bertugas menggelar sajadah, petugas adzan/qomat, sebagai imam, dan petugas kultum (taushiyah).
  4. Biasakan anak-anak bangun subuh untuk melaksanakan sholat subuh. Kalau perlu rangsang mereka dengan hadiah.  Yang paling duluan bangun diberi hadiah menarik. Atau yang catatan sholatnya baik akan diberikan penghargaaan menarik.  Dengan begitu, perlu dibuat sistem evaluasi sederhana yang bisa diaplikasi dengan mudah dan dilakukan secara kontinyu.
  5. Membuat perlombaan tentang pengetahuan sholat dengan hadiah-hadiah menarik, dengan melibatkan anak-anak para tetangga. Atau dibuat pengajian rutin keluarga khusus untuk anak-anak, utamanya memfokuskan pada bahasan tentang pentingnya pendidikan sholat bagi anak-anak sejak dini. Tempatnya bisa bergiliran

2 thoughts on “TIPS PRAKTIS AGAR ANAK RAJIN SHOLAT

  1. asslmu’alaikum wr.wbr!alhamduliilah saya mengucapkan bnyak terima kasih dengan tips di atas saya jadi mengerti bgmana cara mendidik anak 2 kami agar mereka rajin dalam mengerjakan kewajiban(sholat 5waktu) sebagai umat islam:semoga allah membalas kebaikan anda amien……………!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s