CIRI-CIRI ORANG BERBOHONG

1. Menatap mata orang. Orang yang ahli dalam berbohong akan berupaya melihat mata orang yang dibohonginya (untuk mengetahui pendapat dan respons terhadap kebohongannya). Tanda lain orang yang berbohong, matanya akan berkedip lebih cepat dan sering. Bila anda berada dekat dengan seseorang yang berbohong, segera lihatlah pupil matanya. Bila melebar (dilatasi) besar kemungkinan yang bersangkutan tengah berbohong.

2. Berdasarkan suaranya. Penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 11% wanita yang menggunakan isyarat suara untuk mendeteksi kebohongan. Pembohong profesional mampu mengendalikan emosinya. Selain itu 70% orang dengan reaksi emosi kuat atau dalam keadaan khawatir nada suaranya meninggi. Dalam keadaan stress atau kurang nyaman mereka berbicara keras dan cepat.

3. Senyumannya. Ekspresi muka merupakan kunci untuk mendeteksi suatu kebohongan. Dari senyum, kita akan mendapatkan banyak informasi, terlebih bila dikenal sebelumnya. Senyum kebohongan bentuknya asimetri, tidak diikuti kerutan pada ujung mata, waktunya terlalu lama, datangnya tiba-tiba dan ada jarak dengan emosinya.

4. Bahasa tubuh. Bahasa tubuh dapat menjadi sumber informasi suatu kebohongan. Dengan mengenal kebiasaannya sehari-hari (gerakan,duduk,dll) maka informasi yang diperoleh semakin dekat dengan kebenaran. Bila seseorang menyilangkan kaki atau tangannya selama berbicara, berarti yang bersangkutan berusaha menghindar (tidak ingin diketahui oleh orang lain). Tanda lain yang bersangkutan kelihatan dingin, tegang, lelah atau sikap lain yang tampak canggung. Bahasa tubuh lain yang mungkin ditemukan antara lain mengetuk-ngetukan jarinya ke meja atau menggaruk-garuk lengan. Meskipun demikian, perilaku seperti ini juga dijumpai pada saat seseorang mengalami stress.

5. Overacting dan menjawab ragu. Marah atau memberikan reaksi yang berlebihan (overactive) terhadap pertanyaan yang diajukan kepadanya.

One thought on “CIRI-CIRI ORANG BERBOHONG

  1. Ping-balik: CIRI-CIRI ORANG BERBOHONG « Fernandomillaz's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s