5 TIPS MEMBIASAKAN MENABUNG

Kita tentu tahu manfaat menabung, namun karena pola hidup maka kebiasaan menabung dianggap sebagai hal sepele yang sering ditinggalkan. Berikut tips yang dapat membiasakan  kita menabung :

  1. Catat kebiasaan anda dalam sebulan. Anda harus tahu bagaimana kebiasaan anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Untuk itu cobalah mulai bulan depan untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Gunakan buku kecil yang mudah dibawa kemana-mana.
  2. Sisihkan uang untuk anda pribadi. Kunci kesuksesan menabung adalah untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang anda dalam tabungan atau investasi.
  3. Tentukan tanggal. Jika anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat anda tidak membayar tagihan-tagihan.
  4. Bayarlah utang anda. Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat anda dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.
  5. Jaga terus disiplin anda. Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk dimasukkan ke investasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s