KIAT SUKSES MEMPEROLEH PINJAMAN DARI BANK

Berikut ada beberapa tips jika anda ingin memperoleh kredit dari bank konvensional atau pembiayaan dari bank syariah, terutama pinjaman untuk modal usaha. Semoga bermanfaat :

1. Penuhi syarat-syarat administratif, seperti :

  • identitas diri (pas photo dan fotocopy salah satu identitas diri : KTP/SIM/Paspor, Kartu keluarga, surat nikah, dan sebagainya)
  • Surat-surat izin usaha yang dimiliki (seperti NPWP)
  • Sebaiknya lampirkan fotocopy buku-buku rekening tabungan di bank
  • Lebih baik lagi jika dilampirkan fotocopy kepemilikan aset/harta (seperti sertifikat tanah, rumah, BPKB mobil, motor, dan lainnya)

Semua syarat administratif tersebut sebaiknya dipersiapkan dahulu sebelum bermitra dengan bank. Karena bank senang apabila mitra usahanya mempunyai administrasi yang baik.

2. Buatlah gambaran usaha sekarang.

Gambaran usaha meliputi kondisi internal usaha, seperti keuangan yang menyangkut laporan laba-rugi dan laporan neraca. Prinsipnya seperti ini : total penjualan satu bulan-dikurangi modal usaha = laba kotor. Laba kotor -dikurangi biaya-biaya operasional = laba bersih. Setelah itu susun rencana keuangan secara sederhana dan lampirkan fotocopy bukti-bukti transaksi selama usaha.

3. Susunlah rencana usaha ke depan.

Hal ini berkaitan dengan jumlah tambahan modal yang dibutuhkan dari bank. Pada rencana usaha ke depan, sebutkan jumlah peningkatan penjualan yang ditargetkan (2 atau 3 kali lipat dari jumlah saat ini). Setelah itu, susun proyeksi laba-rugi dan rencananya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s