SAMITA

Pernah dengar nama Laksamana Cheng Ho ? Kalau belum, berarti kamu rada budeg dengan sejarah di Indonesia,hehe… Laksamana Cheng Ho merupakan kasim Muslim dari negeri tirai bambu pada saat Kaisar Yongle dari dinasti Ming berkuasa (1403-1424). Cheng Ho memimpin 7 ekspedisi ke Samudra Indonesia (Samudra barat).  Ekspedisinya bahkan dilanjutkan sampai masa kekuasaan Kaisar Xuande.  Nama asli Cheng Ho adalah Ma He, berasal dari Provinsi Yunnan dan bersuku Hui.

Namun dalam novel ini yang menjadi cerita utama adalah Hui Sing, murid perempuan Cheng Ho. Sebenarnya Hui Sing hanya cerita rekaan, tidak ada bukti sejarah mengenai nama ini. Walaupun demikian cerita Samita tetap menarik karena dilatarbelakangi oleh masa-masa pelayaran Cheng Ho dan keruntuhan kejayaan Majapahit. Jalan ceritanya pun seru, seperti cerita silat Kho Ping Ho (sebenarnya saya sendiri belum pernah baca Kho Ping Ho ^_^). Kalau saya pribadi, cerita ini mengingatkan saya pada sandiwara-sandiwara radio yang populer pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an, seperti Saur Sepuh dan Babad Tanah Leluhur. So, bayangkan saja tentang pendekar-pendekar silat yang memiliki berbagai kesaktian mandraguna (haha…jadi ingat sekitar 20an tahun lalu, dengan serunya mendengarkan cerita-cerita seperti ini di radio).  Tapi gak selalu perkelahian kok, ada juga bumbu kisah cintanya (iyalah…).

Terlepas dari kisah Hui Sing dan Laksamana Cheng Ho, kamu juga bisa mengetahui gambaran suasana zaman kerajaan dahulu, di Jawa bahkan di Sumatera (tepatnya di Palembang). Ada beberapa istilah dan nama tempat yang betul-betul ada dalam sejarah, bukaan sekedar imajinasi dari Tosaro (penulis Samita). Cukup menarik bagi kamu yang senang informasi sejarah.

Bagi kamu-kamu yang bosan dengan cerita zaman modern, dan sekilas ingin mengetahui cerita tentang zaman kerajaan tempo doeloe, kamu bisa simak buku ini. Atau mungkin kamu yang ingin ber’jadul-ria’, umur 30 tahun ke atas (hahaha…), maka buku ini bisa mengobati rindu pada masa-masa jayanya sandiwara radio. Silahkan download gratis e-booknya, cukup klik di sini. Selamat menikmati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s